Latar Belakang

Latar Belakang Berdirinya Radio DA’I

Media massa di era globalisasi dan informasi saat ini tengah memerankan fungsi yang sangat vital dalam roda kehidupan sehari-hari. Persepsi masyarakat baik sadar maupun tidak seringkali dibentuk oleh media yang mereka konsumsi berupa koran, siaran televisi, radio, internet serta media massa lainnya. Celakanya, di tengah sorak sorai ramainya perusahaan-perusahaan media untuk saling berlomba dalam melakukan persuasi terhadap persepsi masyarakat tersebut, ternyata peran media massa yang bernuansa atau berpihak terhadap kepentingan Islam masih berada di pinggiran.

Di lain sisi, media massa audio-visual yang seringkali dijumpai masih lebih menghadirkan informasi-informasi yang cenderung memicu konflik, provokatif, kurang bermanfaat serta hiburan-hiburan yang hanya memuaskan rating meski terlampau tidak mendidik masyarakat. Situasi tersebut mewajibkan para da’i yang sadar akan peran perbaikan (ishlah)-nya kepada masyarakat untuk berjihad dan terjun langsung ke medan peperangan melawan media massa destruktif dengan menghadirkan alternatif media Islami yang mampu mencerahkan masyarakat lewat ajakan untuk kembali kepada formula-formula Islam hakiki serta menyuguhkan informasi yang benar, bermanfaat, mendidik dan juga menghibur.

Radio DA’I  Tengaran hadir di tengah keprihatinan terhadap posisi media massa islami yang termarginalkan dalam masyarakat informasi (information society) dewasa ini. Selain itu, kondisi faktual kebutuhan ummat terhadap media yang mampu menyuguhkan resep-resep religius dalam menjawab tantangan zaman serta produk-produk jurnalistik profetik nan islami semakin mendesak untuk segera diwujudkan.

Radio DA’I Tengaran sebagai media dakwah dan informasi bertekad memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan ummat Islam, bangsa dan negara dengan mengajak masyarakat untuk kembali kepada seruan Islam dan secara cerdas menyuguhkan informasi-informasi strategis yang berguna bagi kemajuan ummat Islam.